Navigation Menu+

The Consumer isn’t a Moron!

Posted on Jan 20, 2016

Desain_Brosur_PIT Desain_Folder_Sriboga Desain_Folder_Sriboga2 Desain_Folder_Sriboga3Kadang kita berpikir bahwa untuk mempromosikan bisnis, usaha, event, harus semua materi cetak itu dibuat. Mulai dari yang ditempel hingga yang disebar kepada calon customer kita. Pertenyaannya, apa efektif? Mulai dari flyer, brosur, katalog, poster hingga merchandise semua ada peruntukan dan sasarannya tersendiri. Masing-masing bentuk materi promo itu memiliki fungsi dan segmen tersendiri.

Poster dibuat untuk menyasar pelanggan yang sedang berjalan kaki dari node satu ke node lain dalan sebuah gedung atau kawasan. Pelanggan kita cenderung tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendapatkan penjelasan tentang brand kita, dia hanya akan mendapatkan sejumput info awal tentang brand kita ketika dia menuju dari parkir kendaraan menuju ruang kerja atau toko tempat dia akan berbelanja.

Flyer didesain untuk menyasar customer kita yang cenderung memiliki waktu ‘pit stop’ sejenak dengan tim marketing kita yang bisa diwakili oleh SPG, Customer Service kita, dan bentuk lain berupa kotak tempat brosur yang kita letakkan di sudut-sudut ruangan tertentu potensial pelanggan untuk berhenti sejenak di dalam sebuah ruang. Pelanggan yang akan membayar menu masakan di kasir, ruang tunggu bandara, tiket box pertunjukan adalah beberapa lokasi yang sangat ¬†efektif untuk meletakkan flyer tersebut.

Brosur berguna lebih lanjut take away dibaca lebih lama lagi oleh pelanggan kita setelah dia mengambil contoh flyer dan brosur dilokasi sasaran bidik kita.

Sering kita melihat perilaku bombardir penyebaran flyer oleh brand tertentu di jalan raya, buat sekali dua kali kesempatan itu cukup efektif untuk membenamkan awareness brand kita ke pelanggan, namun pada tingkatan tertentu.. The customer isn’t moron, she is your wife – David Ogilvy – tindakan berulang-ulang tanpa ada kejutan informasi dengan bentuk materi yang sama tentunya akan menurunkan nilai brand kita.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *