Navigation Menu+

Foto Kelulusan, mau cerita umum atau rekaman kejujuran?

Posted on Nov 2, 2015

Mengabadikan cerita kelulusan : Foto resmi atau foto liputan?

Momentum kelulusan atau kejadian reuni kelulusan, memang banyak hal yang patut diabadikan. Kejadian yang selalu ditunggu sejak kita mulai menuntut ilmu hingga lulus dan kemudian kita bertemu kembali dalam tenggang waktu jeda beberapa decade berselang adalah momentum luar biasa untuk diabadikan.

Permasalahan utama kita sering bingung, apa yang akan kita pasang sebagai cover cerita tersebut, apakah foto bersama resmi dengan diatur oleh sang fotografer ataukah kejadian detail yang memang merupakan rekaman ekspresi jujur dari kita selama acara tersebut, menarik untuk diperbincangkan.

Seringnya kita sudah dibiasakan dari dulu untuk memilih keabadian cerita itu dengan suatu standar foto resmi menghadap tegak lurus ke kamera dengan mengkaitkan cerita kita tersebut dengan lokasi tempat beraktifitas dan menuntut ilmu.

Salahkah itu? Tidak, bahkan terlalu mainstream dan tidak kita sadari bahwa kita memilih keabadian standar berupa rekaman tersebut.

Ada sebuah alternatif teknik candid journalism yang menampilkan sisi personal dari setiap detil cerita kelulusan dan reuni tersebut, memang hasilnya adalah suatu fotografi unik yang merekam puncak kejadian penting disetiap kegiatan tersebut, otentik dan tanpa arahan dari fotografer dan videographer yang mengambil tugas diacara tersebut.

Sebagai contoh foto fullcolour dengan backdrop, ini foto biasa yang kita jadikan cover cerita kelulusan kita, alternatif lain cerita tentang kegiatan tersebut detil terekam didalam foto BW.

Pilihannya ada pada kita, foto standar tampak depan namun tidak merekam banyak emosi dan cerita, atau foto journalism dengan sudut pengambilan foto tidak biasa namun ada peluang foto tersebut merekam ekspresi jujur kita disana.

photo event reuni 2 photo event reuni 5 photo event reuni photo event SD colourphoto event SD 2  photo event SD

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *